Tutorial : Bunga Kain

Mengikuti jejak Mas Dani & Mamah Etty yang bikin postingan berseri di hari Senin, saya lagi-lagi latah mau buat postingan berseri juga setiap minggunya, tapi di Hari Kamis aja.. Soalnya kalo senin biasanya repot dan takutnya ngga sempat posting..
Bingung sih tadinya, mau buat apa.. Setelah mikir-mikir mau buat postingan apa, akhirnya saya coba buat “Crafty Thursday“. Isinya tutorial-tutorial kerajinan tangan sederhana aja sih, dan ga jauh-jauh dari Pita & Kain kayaknya.. 🙂

Tutorial perdana saya “Cara Membuat Bunga Kain”

Alat & bahan yang diperlukan:

Processed with VSCOcam with c1 preset

  1. Pita satin lebar 5cm, ukuran & bahan bisa diganti sesuai kebutuhan.
  2. Gunting
  3. Penggaris/meteran
  4. Jangka, atau sesuatu yang bisa dipakai untuk membuat lingkaran.
  5. Jarum & Benang
  6. Lem tembak
  7. Korek Gas
  8. Mutiara atau kancing (Apa saja, untuk mempercantik bunga).

Cara membuat:
1. Potong Pita sesuai kebutuhan, disini saya potong Pita sekitar 45cm. Perlahan bakar ujung-ujungnya, supaya pita ngga mbrodol (apa ya istilahnya.. Hahahaha)
2. Buat setengah Lingkaran pada Pita menggunakan Jangka sebanyak 5x. Ukuran disesuaikan dengan besar Pita.

Processed with VSCOcam with c1 preset

IMG_2006

  1. Ambil benang & jarum, lalu jahit jelujur disepanjang garis lingkaran yang sudah dibuat.

    Processed with VSCOcam with c1 preset

  2. Setelah selesai, tarik pita sehingga membuat kerutan seperti ini.

    Processed with VSCOcam with c1 preset

    Processed with VSCOcam with c1 preset

  3. Lalu sambungkan bagian ujung-ujungnya, jahit & Rapikan.

    Processed with VSCOcam with c1 preset

Beri hiasan di tengahnya, kali ini saya pakai swarovski imitasi (ga jadi pakai mutiara, kekecilan.. Hahahaha).

IMG_2047

Processed with VSCOcam with c1 preset
Jadi deh… !

Bunga kain ini bisa dibuat jadi Hairclip, tinggal ditambahkan Aligator clip aja (lain kali saya buat tutorialnya juga ya). Atau dibuat Headband.. Tinggal dipasang di renda elastis seperti ini..

IMG_2049

Gampang banget kaan… Selamat mencoba.. 🙂

PS: Kalau males buat sendiri, bisa loh order di onlineshop saya Jiyaaah.. Jualaan..
Bisa cek di
Instagram: mommycraft
Facebook: mommycraft indah

15

22 Responses

  1. Pungky KD
    February 5, 2015
    • indahmumut
      February 5, 2015
  2. bemzkyyeye
    February 5, 2015
    • indahmumut
      February 5, 2015
  3. zpmary
    February 5, 2015
    • indahmumut
      February 5, 2015
  4. Allisa Yustica Krones
    February 5, 2015
    • indahmumut
      February 5, 2015
  5. Arman
    February 5, 2015
  6. desweet26
    February 5, 2015
    • indahmumut
      February 5, 2015
  7. dani
    February 5, 2015
    • indahmumut
      February 6, 2015
      • kangjum
        February 6, 2015
  8. kangjum
    February 5, 2015
  9. rumahmemez
    February 6, 2015
    • indahmumut
      February 6, 2015
  10. Dwiyani Arta
    February 8, 2015
    • indahmumut
      February 12, 2015

Leave a Reply

%d bloggers like this: