Susah Makan

Susah makan adalah situasi bila seseorang (terutama anak-anak) menampilkan perilaku menolak/menunda/menghindari aktivitas makan. #gestwit (Toge Aprilianto)

Buat saya seberat-beratnya tantangan mengasuh anak adalah GTM (Gerakan Tutup Mulut). Rasanya meskipun semua stok sabar udah dikeluarin, tetep aja keluar juga bawelnya.

Seingat saya, dari awal ngenalin Oddy makanan, saya paling anti “maksa” dia makan, karena saat itu yang utama kan masih SUSU, Kalo dia lagi ngga mau makan ya udah. Selesai. Waktu awal-awal Oddy GTM, saya ganti cara makannya, dari disuapin jadi makan sendiri. Saya coba macam-macam resep dari The Urban Mama, atau resep-resepnya Annabel Karmel. Ada yang berhasil dia makan, ada yang cuma diicip-icip, ada yang cuma dipenyet-penyet sama jarinya.

Tapi, karena dia udah 1yo sekarang, yang dia perlu itu kan MAKAN, susu sekarang hanya pendamping, bahkan ngga boleh melebihi kebutuhannya karena nutrisi yang masuk bisa jadi ngga terserap tubuh.

Tapi ternyata ngga gampang ya, susah banget malah. Mau nambahin jadwal makannya aja belum bisa sekarang,eh,  boro-boro nambahin jadwal, porsi makan aja makin lama makin berkurang.

Padahal bulan lalu udah seneng banget, Oddy mulai mau makan lagi. Eh, beberapa hari ini mulai datang lagi GTMnya. elusdada

Kayak kejadian siang tadi, Oddy tidur dari jam 9 sampai jam 11 lebih, setelah main sebentar, seperti  biasanya jam 12 saya taruh dia di high chair, dan saya siapkan makanannya. Saya taruh makanannya di meja dan sampai 15 menit kemudian makanan cuma dia pegang-pegang, bolak-balik, dan diacak-acak. Saya ambil piringnya, dan taruh makanan di mejanya, Oddy  malah nangis dan teriak-teriak minta diangkat. Acara makanpun selesai.

Saya buatkan dia makanan lain, karena saya pikir dia bosan. Ngga mau juga.

Saya gendong dia di pangkuan, berharap mau buka mulut. Ngga berhasil juga.

Saya kasih dia potongan buah, ngga mau juga.

Akhirnya meledak deh, jadi ibu bawel & “nyanyi”. Oddypun nangis mulai dari nangis startegi-emosi-strategi-sampai balik lagi ke emosi karena saya cuekin. Saya bilang “ngga makan, ngga mama gendong” Dia pun tetep nangis sambil ngikutin kemanapun saya jalan, nemplok di kaki.elusdadalagi

Kayaknya mesti coba resep dari Pak Wied Hari nih, “cekokin” Oddy sama temu lawak atau temu ireng. -_-

Atau adakah yang punya tips lain?

Image

Makanan Oddy yang berakhir diperut emaknya

Image

Banana cake yang juga berakhir diperut emaknya

 

5

11 Responses

  1. mrscat
    December 20, 2012
  2. indahmumut
    December 20, 2012
  3. ndutyke
    December 20, 2012
  4. Arman
    December 20, 2012
  5. dea
    December 21, 2012
    • indahmumut
      January 2, 2013
  6. risti
    January 4, 2013
    • indahmumut
      January 4, 2013
      • risti
        January 5, 2013
        • indahmumut
          January 5, 2013

Leave a Reply

%d bloggers like this: