Mencairkan Dana Jamsostek (BPJS Ketenagakerjaan)

 

logo_bpjs_ketenagakerjaan

Bulan lalu saat beres-beres lemari kamar, saya nemu kartu jamsostek lama saya. Lalu iseng-iseng saya cek saldonya di web BPJS, dan ternyata jumlahnya lumayan banget. Saya pikir ntar deh kalau waktunya lagi senggang, mau saya cairin aja. Lumayan buat nambah-nambah DP rumah rumah barbie maksudnya πŸ˜›

Nah minggu lalu kebetulan suami ada keperluan di Menara Jamsostek, sayapun jadi keingetan. Ikutlah siang itu ke Menara Jamsostek. Begitu sampai disana, saya disambut bapak-bapak dibagian resepsionis dan menanyakan keperluan saya. Setelah menjelaskan, bapak tersebut menyerahkan formulir untuk diisi beserta syarat-syarat yang harus saya lengkapi.

Begitu masuk ke ruangan, saya kaget karena penuh buangetttt. Ngga ngerti deh saya bakal dapet nomor antrian berapa. Akhirnya setelah mengisi formulir, saya putuskan untuk pulang aja dan kembali keesokan harinya.

Adapun Dokumen yang harus disiapkan:

  1. KTP (copy & asli)

  2. Kartu Jamsostek (Copy & asli)

  3. Kartu Keluarga (Copy & asli)

  4. Surat Keterangan Kerja/ Surat pengunduran diri (Copy & asli)

  5. Buku Rekening (Copy & asli)

Keesokan harinya, saya datang lagi dan kali ini lebih pagi. Dengan harapan Β antrian disana belum terlalu banyak. Alhamdulilah, sesuai harapan.

Setelah memasukan map berisi formulir & dokumen persyaratan ke drop box, sayapun mendapat nomor antrian. Cuma nunggu 5 nomor, langsung dipanggil. Tapi ternyata belum bisa diproses karena ada dokumen yang belum lengkap, yaitu kartu keluarga. Jadi, kartu keluarga kami memang belum ditandatangai lurah & RT. Hahahahahaha.. TERdodol deh emang yah

Untungnya petugasnya baik & pengertian, jadi boleh menyusul kekurangan dokumennya dengan syarat “jangan lama-lama ya bu”. Akhirnya, data saya tetap diterima, tapi belum bisa diproses sampai copy kartu keluarganya saya serahkan.Β 

Setelah itu, saya difoto dan diberi tanda terima surat pengajuan.Β 

Keesokan harinya, saya langsung pergi ke kelurahan untuk mengurus KK. Udah buru-buru berangkat naik bajay, ternyata Ibu Lurahnya sedang keluar kota sampai dengan hari Jumat. pingsan

Ya sudah lah ya.. Tinggal tunggu aja…

Hari Rabu (tiga hari sejak data masuk), saya ditelepon oleh Ibu EN (petugas loket jamsostek). Saya jelaskan kondisinya dan syukurlah beliau mengerti. Tapi tentu saja klaim tetap tidak bisa diproses sebelum data lengkap. #akurapopo buu…Β 

Karena hari jumat saya ada keperluan, akhirnya baru senin saya kembali ke kelurahan. Setelah urusan KK selesai, langsung saya kirim (via kurirnya suami) ke Menara Jamsostek, dan diterima langsung oleh ibu EN.

Sebetulnya Proses pencairan dananya sendiri hanya max 3hari,dananya langsung masuk ke rekening. Tapi karena data saya kurang lengkap, jadi mulurnya lama yah. (Salah sendiri eta mah ceu…)

Ohiya, syarat pencairan dana Jamsosteknya sendiri adalah masa keanggotaan sudah mencapai 5 tahun, dengan masa tunggu 1 bulan. Artinya setelah resign, kita harus menunggu 1 bulan baru bisa mencairkan dana. Masa keanggotaan bisa dilihat di kartu jamsostek. Kalau mau cek saldo atau cek apakah dana kita sudah bisa diambil atau belum, bisa juga dicek di webnyaΒ atau telpon langsung ke Customer Service.

Tips dari petugasnya agar prosesnya ngga lama:

1. Siapkan dokumen & persyaratan sebelum datang ke jamsostek.

2. Datang pagi hari, agar dapat nomor antrian kecil.

3. Sebaiknya datang setelah tanggal 20, karena biasanya sepi.

Sebetulnya kalaupun harus menunggu ngga perlu khawatir kok. Kantor BPJS di Menara Jamsostek cukup nyaman. Disediakan minuman untuk pengunjung. Dan yang paling penting buat emak-emak kayak saya, disediakan ruang menyusui juga.Β 

Cukup mudah kan ya… Asal ngga lupa tanda tangan KK kayak saya aja.. πŸ˜€

58

31 Responses

  1. Pungky KD
    April 23, 2015
  2. Arman
    April 23, 2015
  3. dani
    April 23, 2015
    • indahmumut
      April 23, 2015
  4. Allisa Yustica Krones
    April 23, 2015
    • indahmumut
      April 24, 2015
  5. zpmary
    April 23, 2015
    • indahmumut
      April 24, 2015
  6. bemzkyyeye
    April 23, 2015
    • indahmumut
      April 24, 2015
  7. mrscat
    April 23, 2015
    • indahmumut
      April 24, 2015
  8. desweet26
    April 24, 2015
    • indahmumut
      April 24, 2015
  9. -n-
    April 24, 2015
    • indahmumut
      April 24, 2015
  10. rumahmemez
    April 28, 2015
    • indahmumut
      June 9, 2015
  11. Dwiyani Arta
    April 29, 2015
    • indahmumut
      June 9, 2015
  12. cening Ayu
    April 30, 2015
    • indahmumut
      June 9, 2015
  13. Lily
    June 8, 2015
    • indahmumut
      June 9, 2015
  14. Orin
    June 10, 2015
    • indahmumut
      June 10, 2015
  15. Rian Rahardi
    February 18, 2016
  16. berkahkhair
    March 29, 2016
  17. Endangermanto
    April 5, 2016

Leave a Reply

%d bloggers like this: