ISK

Kepanjangan dari Infeksi Saluran Kencing.

Kedengarannya sepele ya, tapi ternyata kalau ngga ditangani dengan cepat akibatnya bisa fatal, bisa menyebabkan gagal ginjal.

Tanggal 23 agustus lalu Oddy bangun pagi dengan suhu badan tinggi, saya ukur dengan termometer suhunya mencapai 39,0 derajat celcius. Setelah saya kasih susu & suhunya masih belum turun, saya kasih paracetamol & kompres hangat di ketiak. Lalu beberapa menit kemudian panasnya pun turun. Tapi menjelang tengah hari badannya kembali panas, saya cek suhu badannya tinggi lagi. Saya coba kompres air hangat & kasih oddy jus. Selama panas tinggi Oddy tetap aktif, ngga keliatan lemas sedikitpun, tetap loncat & lari-lari, makanpun seperti biasa, ngga ada muntah/mencret sama sekali, itu yang bikin saya agak tenang.
Lalu menjelang sore suhu badannya naik lagi, kembali saya kompres air hangat & beri paracetamol. Sampai malam hari panasnya makin tinggi, lebih dari 39,5 dan saya mulai khawatir. Yang saya khawatirkan adalah “kejang”, sebenarnya kejang saat demam masih normal ya, cuma saya takut & pasti panik kalau anak kejang. Duh, Ngga kebayang.. Jadi sepanjang malam saya bolak-balik ngecek suhu tubuh Oddy sambil tetep bikin tutu dikamar. 😀
Saya sempat telpon budenya yang dokter umum, katanya selama anak aktif sih masih oke. Cukup kompres & paracetamol kalau panasnya lebih dari 37,5. Ditunggu sampe 3hari, kalau masih panas baru bawa ke dokter anak. Okesip.

Naik-turun suhu badan Oddy berulang dua hari selanjutnya. Di hari ketiga oddy agak rewel. Maunya digendong terus, dan “merintih” saat dia tidur. Saking panasnya kali ya. Jelas makin khawatir dong ya.

Akhirnya Hari keempat sayapun telpon ke rumah sakit, daftar untuk periksa jam 3 sore ke dr. Johanus Edwin.
Setelah di cek, dapet rujukan untuk tes darah (dengue & urin). Dugaan awal dr. Edwin Demam berdarah, jadi sebelumnya beliau sudah menyiapkan surat rujukan untuk rawat inap.
Setelah nunggu di kantin selama hampir 2 jam, hasil tes pun selesai.
Alhamdulilah negatif untuk DB, tapi hasil tes urin: + darah, agak keruh, sama apalagi ya.. Lupa.
Jadi menurut dokter, Oddy infeksi saluran kencing. Diminta banyak kasih air minum & lebih dijaga kebersihan popoknya. Lalu saya ingat, belakangan ini oddy lagi “penasaran” sama alat kelaminnya. Awalnya dia pegang-pegang, lama-lama jadi “kruwek-kruwek”. Kata dokter, itu bisa jadi penyebabnya. Tangannya kan bisa aja kotor, trus bakterinya nempel deh. (Lupa kata-kata persis dokternya, intinya mah gitu lah ya.. 😀 )

Alhamdulilah, sekarang anaknya keliatannya udah sehat, masih jadi “polisi” sih, jagain kalau-kalau dia iseng lagi.
Sebelumnya kan kalau dia kruwek-kruwek paling saya cuma tarik tangannya tanpa bilang apapun, karena menurut Pak Ge “alat kelamin” itu urusan pribadinya, jangan ikut campur (kecuali situasi Tidak aman). Setelah kejadian infeksi ini (yang jelas tidak aman) saya jadi ada alesan buat bawel sama Oddy tiap dia iseng-iseng pasang strategi kruwek-kruwek. 😀

20130904-040758.jpg

20130904-040920.jpg

20130904-040959.jpg

20130904-041032.jpg

5

22 Responses

  1. sondangrp
    September 3, 2013
  2. Asrie
    September 3, 2013
  3. Arman
    September 3, 2013
  4. mrscat
    September 3, 2013
  5. dian_ryan
    September 4, 2013
    • indahmumut
      September 4, 2013
  6. ndutyke
    September 4, 2013
  7. Desi
    September 4, 2013
  8. Baginda Ratu
    September 4, 2013
  9. liamarta
    September 4, 2013
  10. idangpriadi
    September 4, 2013
    • indahmumut
      September 4, 2013
  11. lulu
    September 5, 2013
  12. Erit07
    September 6, 2013
  13. Manda
    September 6, 2013

Leave a Reply

%d bloggers like this: