Be Aware

Of your health..

Siang tadi kami sekeluarga (termasuk MIL) pergi menengok salah satu sepupu suami saya yang baru saja menjalani operasi pengangkatan usus halusnya, setelah beberapa waktu lalu (sebut saja mbak B) divonis dokter terserang kanker usus stadium 3, yang artinya sel-sel kankernya sudah mulai menyebar. (Bener ngga ya?)
Dan yang bikin saya bengong & kepikiran, sebelum divonis terkena kanker, mbak B ini ngga mengalami gejala apapun loh, hanya saja sejak kira-kira bulan februari mbak B sering merasa ngga enak badan seperti masuk angin, dan perutnya sering kembung. Tapi ya dia pikir itu hanya masuk angin biasa, jadi cukup dipijit atau dikerok badannya sudah berasa lebih enakan. Kalau dikerok masih ngga mempan mbak B biasanya mengatasi dengan olahraga, entah itu volly, renang, atau tennis (mbak b ini mantan atlit judo) dan rasa nggreges pun hilang.
Sampai dua bulan yang lalu, mbak B tiba-tiba mengalami pendarahan hebat saat (maaf) buang air besar. Dia kira itu ambeyen, tapi kok rasanya berbeda. Pendarahanpun ngga berhenti sampai beberapa kali. Besoknya mbak B pergi ke dokter untuk melakukan pemeriksaan (mbak B ini tinggal di Aceh). Ternyata mbak B dirujuk ke Rumah sakit di jakarta karena saat itu hasil test meminta mbak B untuk melakukan pemeriksaan ulang.
Kurang lebih satu bulan (karena sempat terhalang libur & lain hal), akhirnya dokter mengabarkan hasil yang cukup mengejutkan. Sebenarnya mbak B memang sudah berpikir soal kanker, karena di keluarganya memang ada riwayat kanker. Tapi yang mengejutkan adalah kalau ternyata mbak B sudah masuk stadium 3.
Yang membuat saya salut, semangat Mbak B ini sungguh hebat. Tadi saat kami datangpun Mbak B ngga kelihatan seperti orang sakit atau habis melakukan operasi besar. Dalam waktu dekat mbak b pun akan segera melakukan kemoterapi yang tentu saja tidak mudah menjalaninya. Mbak B sempat bilang “Aku yakin pasti bisa ngelewatin ini, kalopun aku ngga bisa, aku siap.. Meskipun aku merasa tugasku belum selesai, tapi aku siap kok” (mbak B ini punya 1 anak perempuan berusia 4 tahun & 1 anak laki-laki berusia 3,5 tahun).
Semoga mbak B bisa melalui ini semua dengan lancar & kembali sehat. Amin

Sepulang dari sana, pelajaran yang saya ambil, jangan meremehkan alarm tubuh, saat tubuh memberi tanda-tanda kurang baik, sebaiknya cepat di cek, daripada terlambat. Apalagi kalau memang ada riwayat penyakit tertentu di keluarga ya.
Dan Peer saya, kalau situasi sudah memungkinkan, mesti segera cek (sekeluarga). Buat jaga-jaga ngga ada salahnya kan ya, meskipun dikeluarga saya ngga ada riwayat.

Yah, Semoga kita semua sehat selalu ya. Punya segala macam materi juga ngga akan berasa nikmatnya kalau ngga diberi kesehatan.

5

23 Responses

  1. Arman
    July 7, 2013
  2. Fascha
    July 7, 2013
    • indahmumut
      July 14, 2013
  3. Baginda Ratu
    July 7, 2013
    • indahmumut
      July 14, 2013
  4. yeye
    July 8, 2013
    • indahmumut
      July 14, 2013
  5. danirachmat
    July 8, 2013
    • indahmumut
      July 14, 2013
  6. Allisa Yustica Krones
    July 8, 2013
  7. Zipora Maria
    July 8, 2013
    • indahmumut
      July 14, 2013
  8. ndutyke
    July 8, 2013
    • indahmumut
      July 14, 2013
      • ndutyke
        July 15, 2013
  9. sondangrp
    July 8, 2013
    • indahmumut
      July 14, 2013
  10. Desi
    July 9, 2013
    • neng fey
      July 9, 2013
      • indahmumut
        July 14, 2013
    • indahmumut
      July 14, 2013

Leave a Reply

%d bloggers like this: