Aku Malu

Siang tadi ada kejadian yang kurang mengenakan buat saya dirumah, ceritanya tadi malam kami kedatangan tamu dirumah, dan oddy senang sekali karena dia jadi banyak temennya meskipun mamanya degdegan , sampe jam 11 malam dia ngga mau tidur, sibuk caper sama saudara-saudaranya. πŸ˜€
Lalu tadi siang, seperti biasa saya lagi nguprek beres-beres di dapur dan oddy lagi anteng main sendiri. Sampai Eyangnya tiba-tiba agak berteriak manggil oddy, saya liat dari jauh ternyata dia ngacak-ngacak kertas di lemari buku, kertas kosong sih sebenernya tapi jadi berantakan ditengah rumah. Saya diam aja sambil memperhatikan dari dapur.
Lalu Eyang manggil budhenya oddy turun dari kamar atas “Sini deh, liat oddy kalo dimarahin gimana”. Dalam hati saya mencelos, tapi saya diam aja, berusaha ngga ikut campur. Ngga lama kemudian budhe & anak-anaknya turun dan “nonton” oddy dimarahin eyangnya disuruh beresin kertas. Mungkin maksud Eyangnya mau nunjukin kalo oddy itu penurut. Tapi tadi siang, saya liat ekspresi wajahnya oddy lain, dia cuma diam dengan mata berkaca-kaca memandangi eyangnya yang pura-pura melotot dan saudara-saudaranya yang tertawa. Duuh, saya ngga tega liatnya.. Tapi saya tetap diam di dapur sampai eyang pergi dari ruang tengah. Oddy tetap berdiri dengan ekspresi wajah tidak berubah. Lalu saya ajak bicara pelan-pelan,
“Ade mau ambil kertasnya ngga..?terus disimpen lagi ditempatnya..? “
Oddy cuma diam sambil peluk saya
“Ade malu ya?diliatin mbak mia?”
tetep peluk saya.
“Yaudah, kalo gitu beresinnya nunggu mbak mia pergi dulu ya”
Sayapun memberi isyarat, dan saudara2 langsung pergi ke ruang makan supaya ngga kelihatan sama oddy.
Ngga lama, oddy pun langsung ambil kertasnya satu-satu & dia simpan ditempat asalnya. peluk oddy

Sebetulnya saya juga bawel kalo dirumah, apalagi kalau saya lagi error, sering banget “nyanyi” dirumah. Soal Buat kesepakatan sama oddy masih trial-error sampe sekarang meskipun udah banyak kemajuan (padahal tetep banyak jajahnya sih). Contohnya saat oddy sengaja numpahin susu sebotol dan air galon sampe dapur banjir. Saya beri dia pilihan “Ade mau lap sendiri sampai kering, atau mama yang lap tapi ade diem dikamar eyang sendirian sampai mama selesai ngelap?” Diapun memilih mengepel lantai meski sambil nangis “mak mama! Mak mama!” (Mak=maaf) :’)
Silahkan sebut saya ibu kejam, lebih baik daripada oddy jadi seenaknya & ga tanggung jawab, terus besok-besoknya bikin dapur banjir lagi.

Tapi hal-hal begitu hanya saya lakukan ditempat pribadi & tanpa ada orang asing. Saya hanya begitu saat dirumah & tidak ada orang lain selain papa & eyangnya. Karena dari beberapa kejadian yang saya perhatikan, anak sekecil oddy pun udah punya rasa malu atau gengsi, dan saya (masih) berusaha menghargai itu. Hal itu saya utarakan ke bapaknya oddy, termasuk kebiasaan “pamer” keahlian setiap bertemu saudara atau teman. Kita aja orang dewasa suka sakit hati kan kalau ditegur didepan orang lain? Atau bete disuruh ngelakuin sesuatu padahal lagi ngga mau..?

Dan akhirnya, setelah tadi oddy tidur saya bicara sama eyangnya oddy. Saya bilang kalau oddy tadi kayaknya malu waktu ditegur didepan saudaranya.. Eyangpun mengerti dan mudah-mudahan kedepannya ngga ada kejadian seperti ini lagi ya.. πŸ™‚

20130619-200440.jpg

7

25 Responses

  1. ndutyke
    June 19, 2013
    • indahmumut
      June 19, 2013
  2. Baginda Ratu
    June 19, 2013
    • indahmumut
      June 19, 2013
  3. tante nancy
    June 19, 2013
    • indahmumut
      June 19, 2013
  4. sondangrp
    June 19, 2013
    • indahmumut
      June 19, 2013
  5. yeye
    June 19, 2013
  6. Manda
    June 19, 2013
  7. Arman
    June 20, 2013
  8. saidah
    June 20, 2013
    • indahmumut
      June 20, 2013
  9. Zipora Maria
    June 20, 2013
    • Zipora Maria
      June 20, 2013
    • indahmumut
      June 20, 2013
  10. lulu
    June 20, 2013
    • indahmumut
      June 20, 2013
      • lulu
        June 20, 2013
  11. dihas
    June 20, 2013
    • indahmumut
      June 20, 2013
  12. mrscat
    June 25, 2013
  13. Pingback: Oddy 19mo | indahmumut July 2, 2013

Leave a Reply

%d bloggers like this: